Selasa, 17 April 2012

bahaya mie instan


Sekarang Pola hidup masyarakat yang selalu menginginkan serba instan dan praktis menyebabkan mereka selalu mencari alternatif yang mudah termasuk dalam mencari alternatif makanan yang mudah diolah serta ekonomis salah satunya adalah mie instan . Tetapi mereka tidak menyadari ada beberapa bahaya mie instan yang perlu diketahui semua orang, bahwa kandungan gizi pada mi instan tidak lengkap, perlu tambahan bahan makanan lain agar nilai gizinya lebih baik. Selain itu mi instan lebih baik direbus sebanyak dua kali, terutama untuk mi instan berkuah.
Langsung buang air rebusan pertama, setelah itu rebus lagi hingga matang, cara ini berguna untuk menghilangkan bahan berbahaya yang terkandung didalam mi instan, bahan yang dianggap berbahaya adalah natrium karbonat, jumlah bahan ini cukup banyak didalam sebungkus mi instan, antara 30-40 persen. Penderita jantung koroner dan hipertensi sebaiknya tidak mengkonsumsi makanan yang mengandung natrium karbonat. karena bisa memicu meningkatnya tekanan darah.Itulah sedikit ulasan tentang bahaya mie instan yang selalu mengincar anda selain itu mengkonsumsi mie instan secara berlebih selain bahaya mie instan juga mengkonsumsi mie instan akan mudah lapar dibanding memekan nasi berikut penjelasannya.
Mie Instan membuat kita lebih cepat lapar dari pada makan nasi:Kandungan karbohidrat dalam mie berbeda dengan sifat yang terkandung di dalam nasi. Sebagian karbohidrat dalam nasi merupakan karbohidrat kompleks yang memberi efek rasa kenyang lebih lama. Sedangkan karbohidrat dalam mie instan sifatnya lebih sederhana sehingga mudah diserap. Akibatnya, mie instan memberi efek lapar lebih cepat dibanding nasi.Jadi mulai sekarang cobalah untuk mengurangi mengkonsumsi mie instan karena selain bahaya mie instan mengancam tubuh anda mie akan memberikan efek lebih cepat lapar pada kita.

Selain mie bahan-bahan lain yang harus diwaspadai adalah bahan tambahannya sebagai berikut

1). Bumbu dan pelengkap
Selain mie bumbu lainnya pun berbahaya bahaya mie instan tidak berhenti pada mienya saja melainkan pada bumbu seperti msg atau yang lebih dikenal dengan vetsin . Titik kritisnya adalah pada media mikrobial, yaitu media yang digunakan untuk mengembangbiakkan mikroorganisme yang berfungsi memfermentasi bahan baku vetsin. Sedangkan bahan pelengkap mie instan adalah bahan-bahan penggurih yaitu HVP dan yeast extract. HVP atau hidrolized vegetable protein merupakan jenis protein yang dihidrolisasi dengan asam klorida ataupun dengan enzim. Sumber enzim inilah yang harus kita pertanyakan apakah berasal dari hewan, tumbuhan atau mikroorganisme. Kalau hewan tentu harus jelas hewan apa dan bagaimana penyembelihannya. Sedangkan yeast extract yang menjadi titik kritis adalah asam amino yang berasal dari hewan.Jadi bahaya mie instan sangat jelas sekali mengancam kita semua.
2). Bahan penambah rasa
Bahan penambah rasa atau flavor selalu digunakan dalam pembuatan mie instan bahan ini pun tidak kalah berbahayanya dengan bahaya mie instan. Bahan inilah yang akan memberi rasa mie, apakah ayam bawang, ayam panggang, kari ayam, soto ayam, baso, barbeque, dan sebagainya. Titik kritis flavor terletak pada sumber flavor. Kalau sumber flavor dari hewan, tentu harus jelas jenis dan cara penyembelihannya. Begitupun flavor yang berasal dari rambut atau bagian lain dari tubuh manusia, statusnya adalah haram.Jadi hal ini lah yang patut kita pertanyaan selain bahaya mie instan status halal,haramnya pun masih patut dipertanyakan.
3). Minyak sayur
Minyak sayur menjadi bermasalah bila sumbernya berasal dari hewan atau dicampur dengan lemak hewan lagi-lagi bahan tambahan ini pun menjadi permasalahan selain bahaya mie instan minyak sayurnya pun bermasalah.
4). Solid Ingredient
Solid ingredient adalah bahan-bahan pelengkap yang dapat berupa sosis, suwiran ayam, bawang goreng, cabe kering, dan sebagainya. Titik kritisnya tentu pada sumber hewani yang digunakan.Bahan inipun sangat berbahaya bagi kesehatan
5). Kecap dan sambal
Kecap dan sambal pun harus kita cermati lho. Kecap dapat menggunakan flavor, MSG, kaldu tulang untuk menambah kelezatannya.
Dalam hal ini yang harus anda perhatikan dan dicamkan ialah “Peringatan bagi kita semua bahwa Mie Instan tidak boleh dimasak bersamaan dengan bumbunya karena MSG yang terkandung didalamnya bila dimasak diatas suhu 120°C akan berpotensi menjadi Karsinogen Pembawa Kanker. Perhatikan prosedur penyajian pada bungkus Mie Instan, semua menganjurkan agar masak mie dulu baru ditaburi bumbu atau bumbunya di taruh di mangkok”.Jadi segera lah mengurangi konsumsi mie instan karena bahaya mie instan selalu mengancam tubuh anda.

Kisah Nyata Orang-Orang Yang Terkena Bahaya Mie Instan

Ada orang yang sekarang usianya sekitar 48 tahunan tapi sudah 4 tahun terakhir ini kemana-mana membawa alat sebagai pengganti anusnya, karena usus bawah sampai dengan anus telah dipotong sebab sudah tidak bisa dipakai lagi pasalnya waktu mahasiswa dengan alasan ekonomi mengkonsumsi mie instant secara berlebihan sehingga bagian usus yang dipotong tersebut adalah tempat mengendapnya bahan pengawet yang selalu ada di setiap mie instant mungkin sejenis borax pengawet untuk mayat (data menunjukan bahwa import borax dan sejenisnya sangat besar ke Indonesia) dan alhasil menimbulkan pembusukan ditempat tersebut, semoga semua pihak berhati-hati dalam mengkonsumsi makanan seperti bakso, sosis, mie dll.Sangat mengerikan bukan bahaya mie instan ini.
Ada orang yang pernah terkena kanker getah bening (8 kelenjar getah bening kena), dan berobat selama hampir 1 tahun di Singapore menghabiskan lebih dari 1 Milyar pada tahun 1996 sampai 1997 (untung ditanggung kantor), akibat dia mengkonsumsi indomie plus korned selama 4 tahun terus menerus setiap hari(dengan alasan karena istrinya sibuk kerja). Menurut dokter yg mengobati nya, penyebab utamanya adalah pengawet yg ada di indomie dan korned tsb.Mulai sekarang cobalah untuk lebih bijak memilih makanan agar anda terhindar dari bahaya termasuk bahaya mie instan.
Mungkin Itulah yang dapat kami jelaskan tentang bahaya mie instan seperti yang dijelaskan diatas bahwa mie instan dapat menyebabkan berbagai penyakit untuk itu kami mempunyai solusi untuk mengatasinya salah satunya dengan obat herbal xamthone plus yang dapat mengobati berbagai penyakit xamthone plus merupakan produk unggulan yang terbuat dari ratu buah yaitu manggis yang dipercaya dapat mengobati kanker,menjaga vitalitas tubuh,menstabilakan tekanan darah dll.Selain itu tak perlu khawatir akan efek samping dari obat herbal ini karena xamthone merupakan obat herbal yang aman serta tanpa menimbulkan efek samping.Jadi jangan pernah ragu serta bimbang segera pesan xamthone plus sekaranguntuk mengobati berbagai penyakit.Namun kami ingat kan kembali jangan pernah berhenti berdoa kepada tuhan yang maha Esa karena kita hanya dapat berusaha tuhanlah yang menentukan semoga kita dijauhkan dari berbagai bahaya termasuk bahaya mie instan.Semoga artikel ini bermanfaat…

Tidak ada komentar:

Posting Komentar